Portofolio Topik 5 Integrasi CT dalam Mata Pelajaran
Mulai Dari Diri
CT
adalah salah satu kecakapan untuk problem solving yang tidak
dapat diajarkan hanya dengan teori, melainkan perlu dilatih secara terus
menerus. Salah satu cara melatih kecakapan CT untuk siswa/i adalah melalui
kegiatan belajar di sekolah. Seperti yang Anda ketahui, topik CT sudah terdapat
pada mata pelajaran Informatika SMP dan SMA. Namun, kecakapan CT juga dapat
dilatih melalui mata pelajaran lain. Modul ini ditujukan untuk memberikan
pengalaman mengintegrasikan CT untuk bidang mata pelajaran selain mata
pelajaran informatika, yaitu sains, matematika, studi sosial, bahasa dan seni,
agama, PPKN, dan PJOK. Pada bagian Eksplorasi Konsep, diberikan contoh
integrasi CT untuk materi ajar dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKN.
Diharapkan dengan cara yang serupa, Anda dapat menerapkannya untuk materi ajar
pada mata pelajaran yang Anda ampu. Pada bagian ini, mahasiwa menjawa pertanyaa
reflektif berikut ini.Klik Disini
Pada sesi ini, Anda diminta untuk menuliskan, Intisari apa saja yang Anda dapatkan saat mempelajari makalah “Bringing computational thinking to K-12: what is Involved and what is the role of the computer science education community” (Barr & Stephenson, 2011)? Tuliskan juga kaitan makalah tersebut dengan mata pelajaran yang Anda ampu! Masing-masing kelompok hanya perlu mengisi satu lembar kerja reflektif.Klik Disini
Ruang KolaborasiPada bagian ini, mahsiswa memodifikasi materi ajar dengan mengintegrasikan CT ke dalam materi tersebut. Tuliskan hasilnya pada lembar kerja berikut. Masing-masing kelompok hanya perlu mengisi satu hasil lembar kerja kelompok.Klik Disini
Demonstrasi KontekstualPada
sesi ini, presentasikan hasil diskusi kelompok kecil Anda di dalam kelompok
besar. Anggota kelompok besar yang sedang mendengarkan presentasi dari rekan
kelompoknya mengisi lembar kerja berikut (masing-masing kelompok mengisi satu
buah lembar evaluasi, lembar evaluasi dapat diduplikasi sesuai kebutuhan) belum
ada LK.Klik Disini
Dosen
meluruskan pemahaman mahasiswa yang kurang tepat atau mengkoreksi pemahaman
yang salah terkait integrasi CT di dalam mata pelajaran. Dosen dapat
menyampaikan kesimpulan atau evaluasi terkait dinamika dan hasil kerja siswa
pada modul ini.
Pada Lembar Kerja Mahasiswa, Anda telah menelaah unsur CT yang sejak semula ada pada materi ajar Anda. Pada aktivitas sesi Ruang Kolaborasi, Anda berlatih mengintegrasikan CT pada materi ajar yang Anda pilih. Anda pun telah mendapatkan feedback dari sesama mahasiswa dan dosen pada aktivitas Demonstrasi Kontekstual dan Elaborasi Pemahaman. Selanjutnya, isilah lembar kerja berikut, kemudian perwakilan anggota mengunggah hasilnya pada forum ini untuk memperoleh tanggapan dari peserta kelompok lain.Klik Disini
Aksi NyataPada
bagian ini. mahasiswa menjawa beberapa pertanyaan reflektif berikut ini.Klik Disini
Anda
telah melakukan serangkaian aktivitas dan mendapat feedback dari rekan
mahasiswa dan dosen. Selanjutnya, sebagai tugas aksi nyata Anda, tuangkan
rancangan materi ajar yang telah Anda integrasikan dengan CT dalam bentuk RPP!
Jika memungkinkan, tampilkan RPP sebelum dan setelah dilakukan integrasi CT.Klik Disini
Komentar
Posting Komentar