Portofolio Topik 5 Integrasi CT dalam Mata Pelajaran

 Mulai Dari Diri

CT adalah salah satu kecakapan untuk problem solving yang tidak dapat diajarkan hanya dengan teori, melainkan perlu dilatih secara terus menerus. Salah satu cara melatih kecakapan CT untuk siswa/i adalah melalui kegiatan belajar di sekolah. Seperti yang Anda ketahui, topik CT sudah terdapat pada mata pelajaran Informatika SMP dan SMA. Namun, kecakapan CT juga dapat dilatih melalui mata pelajaran lain. Modul ini ditujukan untuk memberikan pengalaman mengintegrasikan CT untuk bidang mata pelajaran selain mata pelajaran informatika, yaitu sains, matematika, studi sosial, bahasa dan seni, agama, PPKN, dan PJOK. Pada bagian Eksplorasi Konsep, diberikan contoh integrasi CT untuk materi ajar dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKN. Diharapkan dengan cara yang serupa, Anda dapat menerapkannya untuk materi ajar pada mata pelajaran yang Anda ampu. Pada bagian ini, mahasiwa menjawa pertanyaa reflektif berikut ini.Klik Disini

Eksplorasi Konsep

Pada sesi ini, Anda diminta untuk menuliskan, Intisari apa saja yang Anda dapatkan saat mempelajari makalah “Bringing computational thinking to K-12: what is Involved and what is the role of the computer science education community” (Barr & Stephenson, 2011)? Tuliskan juga kaitan makalah tersebut dengan mata pelajaran yang Anda ampu! Masing-masing kelompok hanya perlu mengisi satu lembar kerja reflektif.Klik Disini

Ruang Kolaborasi

Pada bagian ini, mahsiswa memodifikasi materi ajar dengan mengintegrasikan CT ke dalam materi tersebut. Tuliskan hasilnya pada lembar kerja berikut. Masing-masing kelompok hanya perlu mengisi satu hasil lembar kerja kelompok.Klik Disini

Demonstrasi Kontekstual

Pada sesi ini, presentasikan hasil diskusi kelompok kecil Anda di dalam kelompok besar. Anggota kelompok besar yang sedang mendengarkan presentasi dari rekan kelompoknya mengisi lembar kerja berikut (masing-masing kelompok mengisi satu buah lembar evaluasi, lembar evaluasi dapat diduplikasi sesuai kebutuhan) belum ada LK.Klik Disini

Elaborasi Kontekstual

Dosen meluruskan pemahaman mahasiswa yang kurang tepat atau mengkoreksi pemahaman yang salah terkait integrasi CT di dalam mata pelajaran. Dosen dapat menyampaikan kesimpulan atau evaluasi terkait dinamika dan hasil kerja siswa pada modul ini.

Koneksi Antar Materi

Pada Lembar Kerja Mahasiswa, Anda telah menelaah unsur CT yang sejak semula ada pada materi ajar Anda. Pada aktivitas sesi Ruang Kolaborasi, Anda berlatih mengintegrasikan CT pada materi ajar yang Anda pilih. Anda pun telah mendapatkan feedback dari sesama mahasiswa dan dosen pada aktivitas Demonstrasi Kontekstual dan Elaborasi Pemahaman. Selanjutnya, isilah lembar kerja berikut, kemudian perwakilan anggota mengunggah hasilnya pada forum ini untuk memperoleh tanggapan dari peserta kelompok lain.Klik Disini

Aksi Nyata

Pada bagian ini. mahasiswa menjawa beberapa pertanyaan reflektif berikut ini.Klik Disini

Anda telah melakukan serangkaian aktivitas dan mendapat feedback dari rekan mahasiswa dan dosen. Selanjutnya, sebagai tugas aksi nyata Anda, tuangkan rancangan materi ajar yang telah Anda integrasikan dengan CT dalam bentuk RPP!

Jika memungkinkan, tampilkan RPP sebelum dan setelah dilakukan integrasi CT.Klik Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portofolio Topik 1 CT Pendalaman Pemahaman Computational Thinking

Portofolio Topik 4 CT dan Proyek

Portofolio Topik 2 CT Dalam Kurikulum