Portofolio Topik 4 CT dan Proyek

 Mulai Dari Diri

Setelah mempelajari konsep integrasi CT dan Proyek STEM melalui flipped learning, Anda selanjutnya perlu menuliskan kendala-kendala apa saja yang dihadapi pada pelaksanaan proyek yang dipilih. Apabila proyek yang dipilih bukanlah proyek yang pernah dilaksanakan, maka Anda perlu menuliskan kendala apa yang mungkin terjadi, dan bagaimana usulan Anda untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Berdasarkan apa yang telah Anda pelajari melalui makalah “Infusing Computational Thinking in an Integrated STEM Curriculum: User Reactions and Lessons Learned” (Baek et al., 2021), jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!Klik Disini

Eksplorasi Konsep

Secara individual, mahasiswa memilih sebuah proyek STEM. Proyek STEM dapat diambil dari proyek sebelumnya yang sudah pernah dilakukan oleh mahasiswa, atau mencari di media lain seperti buku dan internet. Proyek yang dipilih tidak boleh proyek yang sudah mengintegrasikan CT. Setelah itu, isilah lembar kerja mahasiswa berikut:Klik Disini

Ruang Kolaborasi

Pilihlah salah satu proyek STEM di kelompok Anda, kemudian isilah lembar kerja di bawah di bawah ini! Ada tiga lembar kerja yang perlu diisi, yaitu untuk proyek STEM sebelum diintegrasikan dengan CT, setelah diintegrasikan dengan CT, dan bagaimana perbedaan keduanya. Dengan demikian, Anda dapat membandingkan bagaimana hasil rancangan sebelum dan sesudah diintegrasikan dengan CT.Klik Disini

Demonstrasi Kontekstual dan Elaborasi Pemahaman

Secara berkelompok, mahasiswa mempresentasikan rancangan integrasi CT ke Proyek STEM yang dikerjakan. Pada presentasi, perlu ditonjolkan bagaimana proyek STEM sebelum dan sesudah diintegrasikan dengan CT. Aktivitas ini digabung dengan Elaborasi Pemahaman. Dosen dan kelompok lain akan memberi masukan untuk rancangan integrasi CT yang dibuat. Mahasiswa memperbaiki lagi rancangan integrasi CT ke Proyek STEM yang dibuat, sehingga diperoleh rancangan integrasi CT yang lebih baik. Dosen dan kelompok lain akan memberi masukan untuk rancangan integrasi CT yang dibuat. Mahasiswa memperbaiki lagi rancangan integrasi CT ke Proyek STEM yang dibuat, sehingga diperoleh rancangan integrasi CT yang lebih baik. Tuliskan catatan-catatan perbaikan ke dalam lembar kerja berikut ini.Klik Disini

Koneksi Antar Materi

Pada bagian ini, mahasiwa menjawab beberapa soal berikut ini:Klik Disini

Aksi Nyata

Pada bagian ini, mahasiwa menjawab beberapa soal berikut iniKlik Disini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portofolio Topik 1 CT Pendalaman Pemahaman Computational Thinking

Portofolio Topik 2 CT Dalam Kurikulum