Portofolio Topik 3 CT Dalam Problem Solving
Sub Topik 1 Menyelesaikan Persoalan Sehari-hari Dengan CT
Mulai Dari Diri
Pada
tahap ini mahasiswa diminta untuk menjawab pertanyaan refleksi.Klik Disini
Mahasiswa mengerjakan lembar kerja mahasiswa yaitu berupa latihan soal bebas tentang dadu untuk jenjang SD.Klik Disini
Ruang KolaborasiTujuan
dari ruang kolaborasi ini adalah mahasiswa saling mengoreksi dan memberi
masukan untuk lembar kerja hasil eksplorasi dari teman sekelompok. Dengan
mendapat koreksi dan masukan dari teman sekelompok, harapannya Anda dapat
belajar memeriksa dan mengidentifikasi jika ada kesalahan yang dilakukan juga
oleh teman sekelompok Anda. Dengan belajar memeriksa, mengidentifikasi
kesalahan dari orang lain dan memberi masukan untuk perbaikannya Anda dapat
menguji apakah Anda sudah cukup paham konsepnya atau belum.Klik Disini
Pada
bagian ini, Anda akan diberi satu soal Bebras atau sejenisnya (dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melatih CT) oleh dosen sesuai dengan tingkatan yang
akan Anda ajar. Lengkapi lembar kerja di bawah ini untuk soal tersebut. Tujuan
dari bagian ini adalah Anda mendemonstrasikan hasil eksplorasi pemikiran yang
sudah Anda lakukan baik secara mandiri maupun berkelompok untuk soal Bebras
lainnya yang sesuai dengan jenjang yang akan Anda ajar.Klik Disini
Pada
bagian ini, dosen akan mengajak mahasiswa membahas permasalahan yang diberikan
pada demonstrasi kontekstual. Dosen dapat menunjuk beberapa orang mahasiswa
untuk menceritakan jawabannya dan mengajak kelas untuk berdiskusi bersama.
Tujuannya adalah untuk memberi masukan dan meluruskan pemahaman mahasiswa jika
masih ada yang kurang tepat.
Sub
2 CT Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Membaca, Matematika, Sains, dan
Finansial)
Mulai
Dari Diri
Pada tahap ini mahasiswa diminta untuk menjawab pertanyaan refleksi.Klik Disini
Eksplorasi KonsepPada
bagian ini, mengajak mahasiswa untuk mengerjakan lembar kerja mahasiswa berikut
ini.Klik Disini
Tujuan
dari ruang kolaborasi ini adalah mahasiswa saling mengoreksi dan memberi
masukan untuk lembar kerja hasil eksplorasi dari teman sekelompoknya. Dengan
mendapat koreksi dan masukan dari teman sekelompok, harapannya Anda dapat
belajar memeriksa dan mengidentifikasi jika ada kesalahan yang dilakukan juga
oleh teman sekelompok Anda. Dengan belajar memeriksa, mengidentifikasi
kesalahan dari orang lain dan memberi masukan untuk perbaikannya Anda dapat
menguji apakah Anda sudah cukup paham konsepnya atau belum.Klik Disini
Pada bagian ini, Anda akan diberi satu soal PISA oleh
dosen (saran: soal yang digunakan adalah soal Reading, Mathematics atau Financial agar
tidak mengacu ke salah satu mata pelajaran). Lengkapi tabel di bawah ini untuk
soal tersebut. Tujuan dari bagian ini adalah untuk menguji hasil belajar Anda,
yaitu apakah Anda sudah dapat menerapkan hasil perbaikan untuk menyelesaikan
masalah yang baru.Klik Disini
Elaborasi Pemahaman
Pada
bagian ini, dosen akan mengajak mahasiswa membahas permasalahan yang diberikan
pada demonstrasi kontekstual. Dosen dapat menunjuk beberapa orang mahasiswa
untuk menceritakan jawabannya dan mengajak kelas untuk berdiskusi bersama.
Tujuannya adalah untuk memberi masukan dan meluruskan pemahaman mahasiswa jika
masih ada yang kurang tepat.
Sub
3 Mengenali Pola Berpikir dalam Menyelesaikan Persoalan (Problem Solving)
untuk Berbagai Kasus
Koneksi
Antar Materi
Pada bagian ini, mahasiswa mengisi lembar kerja mahasiswa pada lembar kerja berikut ini!Klik Disini
Aksi NyataAksi
nyata pada modul ini bukan melaksanakan praktik pengajaran, melainkan membuat
perencanaan untuk pengajaran di kelas kelak. Jawablah pertanyaan-pertanyaan
reflektif berikut!Klik Disini
Komentar
Posting Komentar